badge
Wednesday 17th January 2018

7 Penghematan yang Bisa Dilakukan saat Liburan

7 Penghematan yang Bisa Dilakukan saat Liburan

Sumber gambar: newswantara

Bagi sebagian orang, faktor ekonomi alias keuangan, menjadi kendala untuk pergi ke suatu destinasi wisata guna menjalani liburan. Sadar atau tidak sadar, kita memang seringkali menghabiskan uang dengan cepat saat menjalani liburan. Padahal masih banyak hal yang harus didapatkan, apalagi kebutuhan untuk diraih saat berlibur.

Jika sudah terjadi, maka rencana liburan pun menjadi berantakan, hati tidak tenang, dan pulang liburan bukannya mendapat kesenangan, yang ada malah mendapatkan penyesalan. Apalagi saat tahu terlambat melakukan booking hotel terpercaya di menit terakhir. Pasti kesal!

Memang sama-sama mendapatkan kenangan, tetapi bedanya adalah bukannya mendapat kenangan indah yang tentunya lebih diharapkan, melainkan kenangan buruk yang didapat.

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk kita bisa menghemat dan tidak mengeluarkan biaya banyak saat pergi liburan.

Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa tipsnya yang mungkin saja bisa membantu Anda:

liburan

Pasang Target

Sebelum bepergian, kita harus pasang target atau rencana dulu ke mana saja kita akan pergi dan berapa perkiraan pengeluaran yang akan kita keluarkan.

Tentunya dengan memiliki target atau rencana, kita harus bisa dan bertekad kuat untuk menjalankan rencana tersebut, agar dompet tidak terlalu menipis saat pulang dari liburan.

Bawa Bahan atau Makanan Sendiri

Memang pastinya sangat repot untuk membawa makanan atau bahan makanan yang banyak saat sedang pergi liburan.

Karena pastinya dalam benak pikiran kita adalah kita ingin pergi berlibur, bukan pindah rumah. Namun demi melakukan penghematan atau tidak mengeluarkan banyak biaya, tentu tidak salah juga membawa makanan atau bahan makanan dari rumah, untuk kita santap di tempat liburan.

Banyak cara agar kita bisa membawa makanan atau bahan makanan dari rumah sendiri, sehingga tidak terlalu repot atau menjadi beban saat berpergian.

 

Saling Membantu dengan Keluarga atau Teman

Saling membantu yang dimaksud bukan berarti membantu meminjamkan, membayari, atau mentraktir, keluarga atau teman kita saat sedang berlibur.

Tapi saling membantu untuk hal-hal yang lebih menghemat uang. Misalnya saja, kita membawa bahan makanan berupa sayur-sayuran, maka teman seperjalanan kita bisa membawakan beras, atau lauk lainnya seperti daging, dan beberapa bumbu penyedap.

Jika kita pergi satu keluarga sendiri dalam satu rumah, maka biasanya ayah dan ibu yang menyediakannya.

Memang kesannya lucu atau istilah zaman sekarang rempong (repot) untuk membawa semua itu, tetapi kembali lagi demi alasan menghemat. Namun demikian, acara ‘rempong’ ini bisa jadi menyenangkan karena dilakukan bersama-sama.

Tidak Jajan Berlebihan

Kebanyakan  orang sering lapar mata, apalagi ketika berkunjung ke tempat baru. Apalagi banyak sekali jajanan di tempat liburan yang menarik hati untuk membuat kita ingin membeli dan menyantapnya.

Perlu diingat, untuk jajan mungkin boleh saja tetapi jika berlebihan tentu itu tidaklah wajar. Kalau banyak opsi yang ingin kita beli dari tempat jajanan tersebut, satu-satunya cara untuk menghemat adalah kembali seperti pembagian yang di atas, yaitu saling berbagi.

Misalnya kita membeli sate, lalu teman yang satu membeli gorengan, dan sebagainya. Saling membantu dan berbagi tidak hanya membuat pengeluaran uang kita lebih hemat, tetapi juga semakin mendekatkan kita dengan rekan-rekan kita.

Sama halnya dengan anggota keluarga yang jarang bertemu, tentu akan membuat suasana lebih hangat. Tetapi jika kita pergi dengan sesama keluarga dalam satu rumah, mungkin kita bisa memilih satu atau maksimal dua opsi jajanan saja.

Tidak Perlu Beli Oleh-oleh Mahal

Beli oleh-oleh seakan sudah menjadi hal yang wajib bagi mereka yang pergi berlibur. Oleh-oleh tersebut biasanya dibeli untuk rekan-rekan, keluarga, atau kenalan lain yang tidak pergi berlibur.

Nah, untuk oleh-oleh tidak perlu beli yang mahal-mahal. Cukup belikan oleh-oleh berupa makanan ringan seperti cemilan khas tempat kita berlibur. Rekan atau anggota keluarga yang tidak ikut berlibur tentu sudah senang.

Kalaupun ingin membelikan oleh-oleh berupa barang, oleh-oleh seperti gantungan kunci atau magnet yang murah meriah sudah cukup.

Beli Yang Jarang Ada di Kota Anda Sendiri

Jika ingin memanjakan diri dengan membeli makanan atau barang dari lokasi liburan kita, pastikan kita membeli sesuatu yang jarang atau tidak ada di kota tempat kita tinggal.

Selain demi alasan penghematan, tentunya kita juga tidak mau mengeluarkan uang hanya untuk makanan atau barang yang sudah ada di kota kita sendiri, apalagi kalau bentuk dan rasanya tidak jauh berbeda.

Lain halnya jika makanan atau barang tersebut memiliki harga yang lebih murah. Tentu tidak ada salahnya kalau kita tetap ingin membelinya.

Namun sekali lagi yang perlu diingat adalah lebih baik mengeluarkan uang untuk membeli makanan atau barang yang tidak ada di kota tempat kita tinggal.

Bawa Uang Lebih

Dalam hal ini, bukan berarti uang yang lebih dapat kita hambur-hamburkan. Tetapi uang lebih untuk kejadian yang tidak terduga.

Misalnya saja kita menargetkan membawa uang 5 juta, tidak ada salahnya jika kita lebihkan sedikit seperti 500 ribu atau 1 juta sebagai dana darurat.

Namun kembali lagi dibuat catatan, jika uang yang lebih ini harus tetap utuh sampai pulang, kecuali benar-benar sangat penting dan harus membutuhkan uang tersebut untuk dikeluarkan.

Untuk urusan tiket murah pesawat cek aja Reservasi.com yang selalu memberikan promo tiket pesawat dan juga harga hotel terbaik lebih dari 200 ribu hotel di seluruh dunia.

loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply