badge
Wednesday 17th January 2018

Cara Memilih Alat Bantu Pendengaran yang Sesuai

Cara Memilih Alat Bantu Pendengaran yang Sesuai

Untuk yang sedang mengalami masalah pada gangguan pendengaran, alat bantu dengar merupakan solusi untuk membantu memperoleh suara yang ditangkap dari luar. Karena indera pendengaran merupakan salah satu indera yang sangat penting selain lancar berkomunikasi juga mampu menangkap beragam suara dengan jelas juga mendengarkan musik terasa nyaman. Menggunakan alat dengar memanglah tidak mengembalikan kekuatan alami pendengaran secara normal, akan tetapi dengan menggunakan alat tersebut diharapkan mampu memberikan kekuatan dalam menerima suara yang kurang jelas. Dengan menggunakan alat dengar tentunya mendengarkan terasa lebih baik. Sekarang ini alat bantu untuk pendengaran banyak modelnya, tentunya harus disesuaikan dan supaya cocok.

alat bantu pendengaran merupakan suatu perangkat elektronik sehingga memungkinkan seseorang yang mengalami gangguan pada pendengaran mampu mendengar serta berkomunikasi dengan baik. Pada alat bantu tersebut ditanamkan sebuah microphone kecil, spiker dan amplifier. Suara dari luar masuk ke dalam microphone dan diubah menjadi sinyal elektrik ke amplifier yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan mengirimkan suara ke spiker.

Alat bantu dengar dibedakan menjadi dua jenis yaitu.

  1. Alat bantu pendengaran digital yang merupakan suatu alat untuk mengubah suara menjadi kode numerik seperti halnya pada komputer dan diprogram secara khusus sehingga memperkuat frekuensi tertentu. Alat bantu jenis ini merupakan alat yang mudah diatur serta disesuaikan dengan lingkungan dan juga kebutuhan si pengguna.
  2. Alat bantu pendengaran jenis analog. Model yang satu ini merupakan jenis yang dengan cara kerjanya mengubah suara menjadi sinyal elektrik yang akan diperkuat. Biasanya alat bantu dengar ini akan dibuatkan berdasarkan pada pesanan si penderita yang direkomendasikan dokter atau seorang audiolog.

Jenis alat bantu dengar

  1. In the Ear (ITE) yang aritnya alat bantu di dalam telinga. Jenis ini merupakan alat yang cocok digunakan untuk penderita gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat.
  2. Behind the Ear (BTE) / di belakang telinga. Merupakan jenis yang cocok digunakan oleh semua umur.
  3. Receiver in Canal (RIC) dan Receiver in the Ear (RITE)
  4. In the Canal (ITC) / di dalam telinga.
  5. Completely in the Canal (CIC) /sepenuhnya di dalam lubang telinga.

Itulah beberapa jenis alat bantu dengar yang perlu diketahui. Pilihlah alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan dan untuk mendapatkannya sekarang tidak perlu bingung lagi karena ada goapotik.com toko obat dan alat kesehatan online terlengkap dan terpercaya.

loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply